Artikel Terbaru:
Voyager 1
Jarak dari Bumi
18,881,526,574 KM
126.21520939 AU
Jarak dari Matahari
18,809,049,197 KM
125.73072805 AU
Total waktu tempuh dalam kecepatan cahaya dari Matahari
34:59:23
hh:mm:ss
Voyager 2
Jarak dari Bumi
15,412,039,899 KM
103.02312344 AU
Jarak dari Matahari
15,407,770,377 KM
102.99458345 AU
Total waktu tempuh dalam kecepatan cahaya dari Matahari
28:33:38
hh:mm:ss

Posisi International Space Station (ISS)
Posisi ISS di atas adalah posisi ISS secara realtime (langsung).

web survey

Diskusi Terkini

Powered by Disqus

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Wednesday, December 22, 2010

Perihelion dan Aphelion Bumi Terhadap Matahari

Planet-planet di tata surya kita mengorbit Matahari. Orbit dari beberapa planet adalah lingkaran yang nyaris sempurna, tetapi yang lain tidak. Beberapa orbit yang berbentuk lebih seperti oval atau elips. Jika orbit sebuah planet adalah lingkaran, matahari berada pada titik pusat lingkaran itu. Jika, sebaliknya, orbit yang elips, matahari berada pada titik yang disebut "fokus" dari elips, yang tidak persis sama sebagai pusat.

Karena Matahari tidak di pusat orbit elips, planet bergerak lebih dekat ke arah dan lebih jauh dari Matahari seperti orbit. Tempat di mana planet terdekat dengan matahari disebut perihelion. Ketika planet ini terjauh dari matahari, itu pada aphelion. Kata-kata "aphelion" dan "perihelion" berasal dari bahasa Yunani. Dalam bahasa Yunani, "Helios" berarti Sun, "peri" berarti dekat, dan "apo" berarti jauh dari.

[caption id="" align="alignnone" width="400" caption="Perihelion dan Aphelion Bumi terhadap Matahari"][/caption]

Ketika Bumi berada di perihelion, sekitar 147 juta km (91 juta mil) dari Matahari. Ketika berada di aphelion, adalah 152 juta km (hampir 95 juta mil) dari Matahari. Bumi adalah sekitar 5 juta km (lebih dari 3 juta mil) lebih jauh dari Matahari pada aphelion dari pada perihelion!

Beberapa orang berpikir bahwa ini adalah mengapa kita memiliki musim, tetapi mereka salah. Mencapai bumi perihelion, pendekatan yang paling dekat dengan Matahari dan saat Anda mungkin berpikir itu harus hangat, pada bulan Januari - tengah musim dingin di belahan bumi utara! Perbedaan jarak bukan penyebab musim kita. Sebaliknya, musim disebabkan oleh kemiringan sumbu bumi.

Beberapa planet memiliki orbit yang membentang begitu jauh. Pluto, misalnya, lebih jauh dari Matahari di aphelion daripada di perihelion. Para astronom mengatakan bahwa orbit elips memiliki eksentrisitas tinggi, yang artinya adalah panjang dan kurus, tidak bulat seperti lingkaran. Asteroid, komet banyak, dan pesawat ruang angkasa beberapa juga mengelilingi Matahari dalam orbit elips. Mereka semua memiliki titik perihelion dan aphelion sepanjang orbitnya. Apa pun menyusul elips orbit bergerak tercepat di perihelion dan paling lambat di aphelion.

Jika suatu benda orbit sesuatu selain Matahari, kita tidak menggunakan istilah perihelion dan aphelion. Satelit yang mengorbit bumi (termasuk bulan!) Memiliki titik dekat disebut perigee dan apogee disebut titik jauh.

Bagikan :

Maaf, komentar yang mengandung unsur SARA tidak akan ditampilkan..Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment


 Informasi Selengkapnya >>
Waktu saat ini di kawah Gale, Planet Mars:

Loading
Posisi Wahana New Horizon Menuju Pluto